Beberapa minggu lalu saya mengikuti bimbingan teknis kurikulum 2013 tingkat KKM di daerah saya, ada pengalaman dan kesan yang cukup menggelitik ketika para peserta diminta untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Saat itu kami dibagi menjadi beberapa kelompok, nantinya tiap kelompok harus memilih satu orang wakil untuk kegiatan Peer Teaching. Singkat cerita kami memilih seorang guru senior yang akan menjadi wakil dari kelompok kami, namun beliau belum menyelesaikan RPP nya, lalu RPP saya yang mereka pilih dan mereka pelajari.
Ketika mereka membaca pada poin Metode Pembelajaran yang akan digunakan mereka tiba-tiba tertawa dan saling berbisik, lalu tidak lama kemudian menghampiri saya seraya berkata " Neng ini metode pembelajarannya salah, masa ada metode pengamatan dan cerita segala, metode kan kayak ceramah, tanya jawab" sejenak saya tersenyum sambil mengatakan bu, metode pembelajaran itu banyak, termasuk salah satunya pengamatan dan bercerita, tapi beliau tidak mau terima dan kekeh pada pendapatnya bahwa metode yang saya tuliskan itu salah.
Belajar dari pengalaman tersebut, akhirnya saya terinspirasi untuk sekedar berbagi tentang beberapa metode pembelajaran yang mungkin bisa menambah pengetahuan bapak/ibu guru dalam melaksanakan pembelajaran.
Adapun metode-metode tersebut diantaranya :
Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan demonstrasi, guru memperagakan atau
menunjukkan cara mengerjakan suatu prosedur, cara bekerjanya suatu prinsip,
cara menggunakan suatu peralatan,dsb.
Pengamatan ( Observasi )
Metode pembelajaran yang hendaknya siswa mengamati secara teliti obyek studi atau materi yang dipelajari dengan tujuan agar siswa mendapatkan gambaran dan pengertian yang jelas.
Metode pembelajaran yang hendaknya siswa mengamati secara teliti obyek studi atau materi yang dipelajari dengan tujuan agar siswa mendapatkan gambaran dan pengertian yang jelas.
Cooperative script
Skrip kooperatif adalah metode
belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan
bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
Diskusi
Metode mengajar yang menghendaki sekelompok siswa ( 3 orang atau lebih ) membahas suatu masalah ditinjau dari berbagai segi atau sudut pandang.
Metode mengajar yang menghendaki sekelompok siswa ( 3 orang atau lebih ) membahas suatu masalah ditinjau dari berbagai segi atau sudut pandang.
Debat
Metode pembelajaran dimana siswa baik secara individual atau kelompok dilatih, di satu pihak untuk mengemukkan suatu pendapat terhadap suatu persoalan, sedangkan kelompok lain untuk mengemukakan bantahan, sanggahan, atau pendapat yang berbeda dengan disertai alasan
Metode pembelajaran dimana siswa baik secara individual atau kelompok dilatih, di satu pihak untuk mengemukkan suatu pendapat terhadap suatu persoalan, sedangkan kelompok lain untuk mengemukakan bantahan, sanggahan, atau pendapat yang berbeda dengan disertai alasan
Dramatisasi
Metode mengajar dimana sekelompok siswa ditugasi memerankan atau membawakan suatu cerita baik cerita fiktif maupun cerita sejarah.
Metode mengajar dimana sekelompok siswa ditugasi memerankan atau membawakan suatu cerita baik cerita fiktif maupun cerita sejarah.
Latihan ( Drill )
Kegiatan belajar dengan berlatih secara teratur, berulangkali, dan intensif dengan maksud membantu siswa menguasai keterampilan ( skills ) tertentu.
Kegiatan belajar dengan berlatih secara teratur, berulangkali, dan intensif dengan maksud membantu siswa menguasai keterampilan ( skills ) tertentu.
Percobaan ( Eksperimen )
Kegiatan belajar yang menghendaki siswa memberikan perlakuan ( treatment ) yang berbeda-beda terhadap suatu obyek atau subyek untuk diamati ada tidaknya pengaruh atau ada tidaknya perbedaan pengaruh perlakuan tadi.
Kegiatan belajar yang menghendaki siswa memberikan perlakuan ( treatment ) yang berbeda-beda terhadap suatu obyek atau subyek untuk diamati ada tidaknya pengaruh atau ada tidaknya perbedaan pengaruh perlakuan tadi.
Pengalaman Lapangan ( Field
Experience )
Kegiatan belajar secara langsung praktek di lapangan kerja yang sesungguhnya. Contoh : Para siswa disuruh mengamati secara langsung bagaimana proses pembuatan Peraturan Daerah,agar lebih jelas.
Kegiatan belajar secara langsung praktek di lapangan kerja yang sesungguhnya. Contoh : Para siswa disuruh mengamati secara langsung bagaimana proses pembuatan Peraturan Daerah,agar lebih jelas.
Permainan ( Gaming )
Kegiatan belajar yang menghendaki siswa berkompetensi atau berlomba baik secara fisik maupun mental sesuai dengan aturan permainan yang telah ditetapkan.
Kegiatan belajar yang menghendaki siswa berkompetensi atau berlomba baik secara fisik maupun mental sesuai dengan aturan permainan yang telah ditetapkan.
Studi Independen ( Independent
Study )
Metode pembelajaran dimana siswa melakukan kegiatan bukan dalam bentuk pembelajaran di kelas secara klasikal, melainkan dengan jalan melakukan berbagai kegiatan seperti konsultasi dengan guru, instruktur, nara sumber, dalam rangka menyelesaikan tugasnya.
Metode pembelajaran dimana siswa melakukan kegiatan bukan dalam bentuk pembelajaran di kelas secara klasikal, melainkan dengan jalan melakukan berbagai kegiatan seperti konsultasi dengan guru, instruktur, nara sumber, dalam rangka menyelesaikan tugasnya.
Pengalaman Laboratorium ( Laboratori
Experience )
Kegiatan belajar yang dilaksanakan dalam suatu laboratorium direncanakan untuk suatu kelompok siswa yang mempelajari suatu bidang studi tertentu termasuk memperaktekkan teori – teori dengan melalui pengamatan, percobaan, riset, mempelajari bahasa asing, termasuk didilamnya belajar dengan jalan demonstrasi, latihan ( drill ) dan praktikum.
Kegiatan belajar yang dilaksanakan dalam suatu laboratorium direncanakan untuk suatu kelompok siswa yang mempelajari suatu bidang studi tertentu termasuk memperaktekkan teori – teori dengan melalui pengamatan, percobaan, riset, mempelajari bahasa asing, termasuk didilamnya belajar dengan jalan demonstrasi, latihan ( drill ) dan praktikum.
Kuliah atau Ceramah ( Lecturing
)
Suatu metode pembelajaran dimana guru atau instruktur menyajikan materi pelajaran secara lisan mengenai suatu fakta atau dalil dalil atau prinsip. Siswa mengikuti pelajaran dengan mendengarkan dan mencatat.
Suatu metode pembelajaran dimana guru atau instruktur menyajikan materi pelajaran secara lisan mengenai suatu fakta atau dalil dalil atau prinsip. Siswa mengikuti pelajaran dengan mendengarkan dan mencatat.
Mendengarkan ( Listening )
Siswa melaksanakan dengan cara mendengarkan. Contoh : siswa dilatih mendengarakan radio dan melihat siaran TV, kemudian siswa disuruh menarik kesimpulan dan analisis dari berita media tersebut.
Siswa melaksanakan dengan cara mendengarkan. Contoh : siswa dilatih mendengarakan radio dan melihat siaran TV, kemudian siswa disuruh menarik kesimpulan dan analisis dari berita media tersebut.
Model dan Tiruan ( Modelling
and Imitation )
Kegiatan belajar dimana siswa ditunjukkan suatu model yang baik untuk dijadikan contoh atau teladan untuk ditiru pelakunya .
Kegiatan belajar dimana siswa ditunjukkan suatu model yang baik untuk dijadikan contoh atau teladan untuk ditiru pelakunya .
Diskusi Panel ( Panel
discussion )
metode pembelajaran dimana materi pelajaran disampaikan oleh beberapa orang yang memiliki keahlian dibidang masing masing dalam suatu forum.
metode pembelajaran dimana materi pelajaran disampaikan oleh beberapa orang yang memiliki keahlian dibidang masing masing dalam suatu forum.
Praktikum
Kegiatan belajar dimana sisiwa diberi kesempatan untuk mempraktekkan pengetahuan pemahaman dan keterampilan yang diperleh.
Kegiatan belajar dimana sisiwa diberi kesempatan untuk mempraktekkan pengetahuan pemahaman dan keterampilan yang diperleh.
Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama.
Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah.
Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama.
Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah.
Pengajaran Terprogram ( Programmed
Intruction )
Metode pembelajaran dimana materi pelajaran disajikan sedikit demi sedikit menurut urutan sistematis.
Metode pembelajaran dimana materi pelajaran disajikan sedikit demi sedikit menurut urutan sistematis.
Tutorial ( Tutoring )
Teknik mengajar dimana siswa diberikan suatu pelajaran secara individu dalam bentuk bantuan belajar.
Teknik mengajar dimana siswa diberikan suatu pelajaran secara individu dalam bentuk bantuan belajar.
Simulasi ( Simulation )
Kegiatan belajar dimana siswa ditugasi untuk memerankan atau menirukan perilaku tokoh-tokoh dari suatu situasi atau kejadian yang nyata.
Kegiatan belajar dimana siswa ditugasi untuk memerankan atau menirukan perilaku tokoh-tokoh dari suatu situasi atau kejadian yang nyata.
Proyek
Kegiatan belajar dimana siswa baik secara individual maupun kelompok diberi tugas menyelesaikan kegiatan yang hasilnya dapat diamati.
Kegiatan belajar dimana siswa baik secara individual maupun kelompok diberi tugas menyelesaikan kegiatan yang hasilnya dapat diamati.
Resitasi ( Ricitation )
Kegiatan pembelajaran berupa menyajikan kepada teman sekelas atau kelompok mengenai keterampilan yang telah dikuasai dari hasil studi individu atau kelompok.
Kegiatan pembelajaran berupa menyajikan kepada teman sekelas atau kelompok mengenai keterampilan yang telah dikuasai dari hasil studi individu atau kelompok.
Portofolio
Metode mengajar dimana siswa ditugasi mengumpulkan hasil penulisan, hasil pengamatan, hasil kunjungan lapangan, pengumpulan benda-benda yang relevan dengan tujuan pembelajaran dsb.
Metode mengajar dimana siswa ditugasi mengumpulkan hasil penulisan, hasil pengamatan, hasil kunjungan lapangan, pengumpulan benda-benda yang relevan dengan tujuan pembelajaran dsb.
Magang ( Internship )
Metode mengajar dimana siswa terjun langsung ke lapangan kerja, mempraktekkan teori yang diperoleh dibangku sekolah.
Metode mengajar dimana siswa terjun langsung ke lapangan kerja, mempraktekkan teori yang diperoleh dibangku sekolah.
Tanya Jawab
Teknik mengajar dimana siswa dan guru saling berinteraksi dan berkomunikasi mengenai berbagai materi yang telah diajarkan.
Teknik mengajar dimana siswa dan guru saling berinteraksi dan berkomunikasi mengenai berbagai materi yang telah diajarkan.
Cerita
Suatu teknik dimana siswa diterangkan dan diceritakan melalui berbagai cerita-cerita.
Suatu teknik dimana siswa diterangkan dan diceritakan melalui berbagai cerita-cerita.
Role Playing
Metode Role Playing adalah suatu
cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan
penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa
dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada
umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang
diperankan.
Picture and Picture
Picture and Picture adalah suatu
metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi
urutan logis.
Student Teams - Achievement Divisions (STAD)
Siswa dikelompokkan secara heterogen kemudian siswa yang pandai menjelaskan anggota lain sampai mengerti.
Examples Non Examples
Examples Non Examples adalah metode belajar yang menggunakan
contoh-contoh. Contoh-contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan
KD.
Terima kasih atas sharing tentang metode pembeljaran ini. Pengertian metode yg ditulis anda sangat membantu saya dalam memahaminya :-)
ReplyDeleteAda yang lebih simpel ?
ReplyDelete